Cara Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja yang Tepat dan Berbobot

1. Infomasikan Situasi dan Tugas
Pewawancara kerja biasanya bertanya tentang pengalaman atau keterampilan sang kandidat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, informasikan situasi serta tugas yang biasa Anda jalani dalam menangani suatu pekerjaan maupun proyek.

Sebagai contoh, jika Anda karyawan yang berpengalaman dalam bidang pemasaran, situsainya yaitu penjualan stagnan dalam 3 bulan terakhir.

Tugasnya yaitu Anda akan diminta menggandakan penjualan tersebut dalam 6 bulan kedepan oleh manajemen perusahaan atau atasan Anda.

Jika Anda baru lulus perguruan tinggi, situasinya yaitu praktik lapangan dalam sebuah lembaga penelitian yang ternama, dan tugas Anda yaitu diminta untuk meneliti suatu topik penelitian baru bagi Anda dalam 4 bulan.

Untuk informasi Lowongan kerja sekitar kota Bertuah, silahkan klik info lowongan kerja Pekanbaru

2. Jelaskan tindakan yang dilakukan
Setelah menginformasikan tugas atau situasinya, langkah selanjutnya yaitu menjelaskan tindakan yang harus Anda lakukan. Agar lebih efektif, paparkan langkah demi langkah yang akan Anda lakukan.

Contohnya Anda berpengalaman dalam bidang pemasaran, maka langkah demi langkah tersebut bisa berupa:

• Meningkatkan promosi iklan elektronik dan media masa

• Mengadakan acara yang melibatkan masyarakat guna mengedukasi para calon pelanggan

• Memberi sampel gratis guna diuji coba sejumlah keluarga di seluruh kecamatan yang ada di sekitar lokasi perusahaan berada

• Membayar artis ternama untuk jadi brand ambassador

• Mencoba beriklan di sosial media dan blog

• Mengadakan rapat mingguan guna memantau hasil kegiatan kerja yang dilakukan

• Mengaudit departemen lain, seperti departemen pengemasan serta departemen produksi guna memastikan produk yang dijual sesuai standar yang sudah ditetapkan

• Melatih tim penjualan dengan membayar konsultan pemasaran yang sudah ternama

• Mengadakan promosi berhadiah seperti motor, mobil dan peralatan elektronik.

Semakin rinci Anda menjelaskan tindakan-tindakan yang akan dilakukan, maka semakin baik pula jawaban wawancara Anda. Kenapa?

Karena pewawancara kerja bisa menilai upaya yang akan Anda lakukan guna menyelesaikan suatu pekerjaan.

3. Informasikan Hasil Akhir
Langkah terakhir yaitu dengan menginformasikan hasil yang sudah Anda peroleh. Informasikanlah hasil yang positif sehingga bisa menambah kualifikasi Anda.

Dalam hal pengalaman di bidang pemasaran, informasikan jika Anda meraih hasil sesuai target dengan menggandakan penjualan dalam 6 bulan.

Pastinya informasi ini akan makin kuat jika Anda menunjukkan bukti keberhasilan tersebut, seperti statistik dan laporan penjualan yang telah Anda buat di perusahaan lama.

Sumber: www.tunakarya.com